Rabu, 13 Maret 2013

AQIDAH AKHLAK [2] KELAS 5

RINGKASAN MATERI PAI JSIT
AQIDAH AKHLAQ (2)
QADHA DAN QADAR

A.      Pengertian Qadha dan Qadar
·         Beriman kepada qadha dan qadar  merupakan rukun iman yang keenam.
·         Qadha adalah ketentuan akan kepastian yang datangnya dari Allah SWT terhadap segala sesuatu sejak zaman azali, yaitu sejak zaman sebelum sesuatu itu terjadi.
·          Segala sesuatu yang terjadi telah diketahui terlebih dahulu karena Allah SWT merencanakan serta yang menentukannya.  Manusia tidak akan mengetahui rencana-rencana Allah SWT sekalipun ia manusia yang terpkitai di dunia ini.
·         Manusia punya rencana, tetapi Tuhan yang menentukan.
·         Oleh karena itu manusia harus mau menerima kenyataan.
·         Kemampuan manusia terbatas pada ikhtiar untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Sedangkan berhasil atau gagal, ini merupakan kekuasaan Allah SWT semata.

·         Qadar adalah ketentuan-ketentuan Allah SWT yang pasti berlaku bagi setiap makhluk sesuai dengan ketentuan yang telah dipastikan oleh Allah SWT sejak zaman azali. Oleh karena itulah, baik buruknya telah direncanakan terlebih dahulu oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT yang  Artinya : “Dan segala sesuatu  pada sisi-Nya ada ukurannya.” (QS Ar Ro’du: 8)
·         Dari pengertian hadis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa qadha dan qadar atas diri  manusia telah diputuskan oleh Allah SWT sebelum manusia ada atau dilahirkan ke dunia ini. Qadha dan qadar disebut juga dengan takdir. Takdir itu dapat diketahui oleh manusia dengan kenyataan yang terjadi,

B.      Macam-macam Takdir
·         takdir dibagi menjadi dua, yaitu takdir mubram dan takdir mu’allaq :
1.      Takdir Mubram 
·         Dalam bahasa Arab, mubram artinya sesuatu yang sudah pasti, tidak dapat dielakkan.
·         Takdir  mubram merupakan ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku atas setiap diri manusia, tanpa bisa dielakkan atau di tawar-tawar lagi, dan tanpa ada campur tangan atau rekayasa dari manusia. 
Contoh takdir mubram antara lain :
1.      Waktu ajal seseorang tiba.
2.      Usia seseorang
3.      Jenis kelamin seseorang
4.      Warna darah yang merah
5.      Bumi mengelilingi matahari
6.      Bulan mengelilingi bumi
2.      Takdir Mu’allaq 
·         Dalam Bahasa Arab,  mu’allaq  artinya sesuatu yang digantungkan atau ditunda.
·         Takdir muallaq berarti ketentuan Allah yang masih mungkin dapat diubah manusia melalui usaha atau ikhtiarnya.
·         Allah SWT. berfirman yang artinya:  “…Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…” (QS. ar-Ra’d : 11) 
·         Beberapa contoh takdir mu’allaq antara lain adalah kekayaan dan kesehatan. Untuk menjadi kaya, atau sehat, seseorang tidak boleh hanya duduk berpangku tangan menunggu datangnya takdir tapi ia harus berusaha.

C.      Hikmah Iman Kepada Qadha dan Qadar
a.       Menyadari dan menerima kenyataan   Iman kepada qadha dan qadar dapat menumbuhkan kesadaran yang tinggi untuk menerima kenyataan hidup. 
b.      Membentuk dan meningkatkan kesabaran Orang yang beriman kepada qadha dan qadar akan senantiasa menerima segala sesuatu dengan penuh kesabaran, baik dalam situasi yang sempit atau susah dan tetap bersabar dalam situasi senang atau bahagia.
c.       Sebagai pendorong dalam berusaha Agar seseorang terus giat berusaha  ia pun yakin bahwa segala hasil usaha manusia selalu diwaspadai, dinilai, serta diberi balasan.
d.      Menumbuhkan Sikap Optimis Keyakinan terhadap Qadha dan  Qadar dapat menumbuhkan sikap yang optimis tidak mudah putus asaMenumbuhkan jiwa tawakal  Jiwa tawakal pasrah kepada Allah SWT akan tumbuh pada diri seseorang jika ia meyakini bahwa segala sesuatu telah dikehendaki Allah

Tidak ada komentar: